Ketahui Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Kulkas bukan lagi barang mewah yang hanya dimiliki oleh orang-orang kaya. Golongan ekonomi menengah kebawahpun banyak yang mempunyai kulkas di dalam rumahnya. Karena kulkas bukan lagi barang kebutuhan sekunder atau bahkan tersier. Tapi sudah masuk dalam kebutuhan primer. Dengan adanya kulkas, bisa menyimpan makanan dan minuman agar lebih awet.

Nah, bagaimana jika tiba-tiba kulkas rusak atau tidak dingin? Apa penyebab kulkas tidak dingin? Simak beberapa penjelasan berikut ini :

  • Kembang Es Yang Terlalu Banyak

Biasanya terjadi pada kulkas satu pintu. Karena salah satu kelemahan kulkas satu pintu adalah tumbuhnya kembang es pada freezer. Jika kembang es terlalu banyak, akan menjadi penyebab kulkas tidak dingin. suhu kulkas menjadi tidak dingin. Karena kembang es menutup lubang angin yang berfungsi mendinginkan kulkas. Cara mengatasinya sangat mudah. Kita hanya perlu mencabut kabel stop kontaknya. Dan biarkan kembang es mencair lalu mengalir dan tertampung pada laci di bawah freezer. Buang saja airnya. Setelah kembang es bersih, kita bisa menyalakan kulkas kembali.

  • Menyimpan Makanan Panas

Penyebab kulkas tidak dingin lainnya adalah karena kita menyimpan makanan panas didalamnya. Mengapa bisa begitu? Mudah saja logikanya. Jika banyak makanan panas yang kita simpan dalam kulkas, maka suhu dingin akan kalah dengan suhu makanan panas yang ada dalam kulkas. Cara mengatasinya sangat mudah. Jangan menyimpan makanan yang masih panas di dalam kulkas.

  • Kulkas Masih Baru

Salah satu penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin adalah ketika kondisinya masih baru. Ketika baru datang dari toko, suhu kulkas belum disetting sesuai tingkat kedinginan yang diinginkan. Sehingga menyebabkan meski stop kontak dipasang, kulkas belum juga terasa dingin. Cara mengatasinya, setting dulu suhu kulkas sesuai dengan yang diinginkan.

  • Letak Kulkas Dekat Dengan Sumber Panas

Jangan meletakkan kulkas pada tempat yang terkena sinar matahari langsung. Atau di dekat peralatan yang mengeluarkan sumber panas. Seperti kompor atau microwive. Karena akan mempengaruhi kinerja kulkas dan menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Cara mengatasinya sangat mudah. Tempatkan kulkas pada tempat yang jauh dari sumber panas.

  • Periksa Stop Kontaknya

Stop kontak yang tidak berfungsi dengan baik juga bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Jika kita sudah mencoba mencari tau asal penyebabnya dari kulkas itu sendiri namun belum juga menemukan, mungkin penyebab lainnya bisa dari eksternal. Salah satunya adalah dari stop kontak. Cara mengatasinya, cabut kabel dari stop kontak lalu colokkan kabel pada stop kontak lainnya.

  • Freon Habis

Freon yang habis juga menjadi salah satu penyebab kulkas tidak dingin. Cara memeriksanya adalah dengan memegang bagian belakang kulkas berdekatan dengan grill. Jika tidak hangat, maka dipastikan freon habis dan kulkas tidak dingin. Untuk mengatasinya, segera isi freon kembali.

  • Tidak Menutup Pintu Dengan Rapat

penyebab kulkas tidak dingin a

Tidak menutup pintu kulkas dengan rapat juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kulkas tidak dingin. Karena udara yang ada dalam kulkas bisa keluar dan berinteraksi dengan udara luar sehingga mengakibatkan suhu di dalam kulkas tidak dingin. Cara mengatasinya, pastikan kita telah menutup pintu kulkas dengan sempurna setelah membukanya.

Itulah beberapa penyebab kulkas tidak dingin dan cara mengatasinya. Cukup mudah, bukan? Jadi tidak perlu membayar orang untuk mengatasi kerusakan sepele seperti ini. Karena kita bisa menanganinya sendiri.

Baca Juga :  Aplikasi Cek Kuota XL yang Mudah