Tips Memilih Lensa Kamera Murah

Dalam dunia fotografi, kamera adalah alat utama dalam menunjang pekerjaan atau hobi tersebut. Semakin canggih kamera yang digunakan, akan semakin bagus pula gambar yang dihasilkan. Tak heran jika sekarang banyak beredar kamera-kamera dengan spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang begitu fantastis.

Dalam dunia fotografi, lensa kamera adalah salah satu bagian yang memiliki peran sangat penting guna mengahsilkan foto yang berkualitas. Pada dasarnya, kualitas foto yang dihasilkan sebagian besar dipengaruhi oleh kualitas dan kondisi dari lensa kamera tersebut.

Jadi, lensa kamera mempunyai beberapa tipe yaitu zoom, telephoto, dan fix. Adapun lensa khusus sepeti macro, tiltshift, dan lainnya. Oleh karena itu, memilih lensa kamera adalah salah satu pekerjaan yang tidak mudah. Jika kita tidak mengetahui betul mengenai kamera, maka tak jarang pembeli akan kebingungan dalam memilih lensa kamera yang akan dibeli.  Adapaun beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipahami sebelum anda memutuskan untuk membeli lensa kamera.

Terlebih lensa kamera bisa dibilang memiliki harga yang cukup tinggi. Jadi, anda harus mengetahui dahulu jenis-jenis lensa kamera dan memahami spesifikasinya, supaya tidak berujung kekecewaan setelah membelinya. Berikut adalah tips untuk memilih lensa kamera murah hingga yang super mahal.

Perhatikan Tipe Lensa dan Sensor Kamera

Jika anda hanya ingin menggunakan kamera hanya untuk memotret kegiatan sekitar seperti acara keluarga ataupun acara dengan teman-teman. Anda dapat memilih paket kit yang artinya anda dapat membeli sekaligus kamera dan lensanya dalam satu paket. Sebagai contohnya, Canon biasanya menyediakan lensa 18-55 mm di setiap jenis kamera yang dijual.

Macam-macam lensa kamera sendiri ada dua tipe, yaitu DLSR dengan sensor full frame dan sensor APSC. Tipe sensor dapat mempengaruhi lensa yang akan anda beli nantinya. Jika anda membeli lensa yang tidak cock dengan sensor kamera, maka kualitas foto yang dihasilkan akan berkualitas rendah. Atau yang lebih parah, lensa tidak dapat digunakan.

Baca Juga :  Intip Keunggulan Xbox One yang Paling Dicari Saat Ini

Pahami Perbedaan Antara Lensa Pabrikan dan Non Pabrikan

Ada juga yang membedakan jenis-jenis lensa kamera berdasarkan pabrikan dan nonpabrikan. Lensa pabrikan adalah lensa dengan merk seperti Canon, Nikon, atau Sony. Sedangkan non pabrikan biasanya bermerk Tamron, Sigma, dan Tokina. Dari keduanya, hal yang sangat membedakan adalah dari segi harganya. Untuk harga lensa pabrikan bisa dibilang cukup tinggi, sedangkan non pabrikan dapat dijual dengan harga yang cukup murah. Namun adapun kekurangan dari lensa non pabrikan yaitu kualitas lensa tersebut tidak sebagus lensa pabrikan. Hal ini karena proses produksi lensa tidak diawasi dengan ketat.

Perbedaan lain antara lensa pabrikan dan non pabrikan adalah fitur yang dimiliki. Lensa non pabrikan cenderung tidk memiliki fitur yang lengkap dan bagus seperti yang dimiliki lensa pabrikan.

Spesifikasi Teknis Lensa

Memperhatikan spesifikasi teknis kamera adalah salah satu hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli lensa kamera. Dari mulai kualitas optik, ketahanan terhadap air dan debu, kekuatan motor fokus lensa, dan kemampuan image stabilizer. Semakin bagus spesifikasi lensa maka akan semakin bagus pula gambar yang dihasilkan. Namun hal itu tentu berbanding lurus dengan harga jualnya yang cukup tinggi.

lensa kamera murah

Karena harganya yang terbilang mahal, membeli lensa kamera memerlukan pengetahuan yang baik menegnai kamera. Supaya anda tidak kecewa setelah membeli lensa kamera murah, anda harus jeli. Ulasan diatas merupakan sebagian kecil tips yang dapat anda gunakan ketika ingin membeli lensa kamera. Dengan begitu, anda dapat memiliki lensa yang cocok dengan kamera anda dan dapat menghasilkan foto yang berkualitas.