Begini Cara Hapus Akun Facebook Mobile Secara Permanen

Banyak orang merasa kini media sosial Facebook tak lagi semenyenangkan dulu. Pasalnya, banyak berita palsu bertebaran, pemasaran target yang kerap mengganggu, hingga teman-teman sendiri yang membuat postingan tak sesuai preferensi kita. Jika sudah malas bermain Facebook mobile, maka solusinya adalah kita hisa hapus akun Facebook saja. Menghapus permanen akun Facebook terutama banyak dilakukan karena belakangan tengah ramai terkait kebocoran data di mana privasi pengguna dibocorkan serta disalahgunakan dalam mempengaruhi suara politik masyarakat. Hal ini tentu mencoreng nilai demokrasi, bahkan salah satu dari 10 negara yang disalahgunakan datanya ini adalah Indonesia. Jadi, hal ini mungkin akan makin menguatkan niat kita dalam menghapus permanen akun Facebook.

Ada beberapa cara hapus akun Facebook yang bisa kita lakukan. Perlu diperhatikan bahwa penghapusan secara permanen ini artinya kita tidak akan bisa lagi login ke akun Facebook yang dimiliki. Selain itu, penghapusan akun Facebook terbilang rumit serta butuh waktu lama, kira-kira 14 sampai 90 hari tergantung dari banyaknya postingan yang dikirimkan di dinding Facebook selama kita menjadi pengguna. Jika ada beberapa data di Facebook yang dirasa penting, lakukan terlebih dulu langkah-langkah download copy atau download salinan ragam pos yang dirasa penting di Facebook. Masuk ke menu pengaturan kemudian pilih Unduh Salinan di bagian paling bawah, lalu klik Unduh Arsip.

Penghapusan akun Facebook mobile dapat dilakukan dengan cara menuju menu pengaturan dan pilih Hapus Akun. Kita akan dihadapkan pada beberapa pilihan alasan apa yang membuat kita ingin menghapus akun. Di antaranya adalah rasa tidak nyaman karena menggunakan Facebook, menghabiskan waktu terlalu lama di Facebook, dan lain-lain. Terdapat peringatan pula bahwa kita tidak akan bisa login lagi jika akun telah dihapus secara permanen. Setelah itu klik OK dan proses penghapusan akan dimulai. Setelah dihapus permanen, kita juga masih diharuskan untuk mendisintegrasikan akun Facebook dari beberapa aplikasi. Ini karena ada beberapa aplikasi yang masih memakai akun Facebook sebagai sarana login, misalnya akun e-commerce, aplikasi pemesanan hotel dan tiket, hingga aplikasi streaming.

Baca Juga :  Cara Compress Foto Dengan Mudah Menggunakan Aplikasi

Kita juga bisa hapus akun Facebook orang lain, misalnya seorang teman yang meminta bantuan agar akunnya dihapus juga. Hal ini juga bisa dilakukan jika pemilik akun telah tak mampu lagi mengoperasikan Facebook atau sudah meninggal. Masuk ke laman khusus untuk menghapus akun Facebook. Isikan nama lengkap pada kolom yang tersedia. Isi juga nama lengkap dari pengguna Facebook yang hendak dinonaktifkan akunnya. Isi alamat website atau URL dari akun pengguna tersebut. Selanjutnya, isi alamat email pengguna yang akan dinonaktifkan akunnya. Centang salah satu saja dari beberapa pertanyaan yang disediakan Facebook. Tulis informasi tambahan apabila kita memiliki pertanyaan maupun permintaan pada Facebook terhadap akun tersebut. Terakhir, klik OK.

Ada juga cara hapus akun Facebook yang kita lupa apa saja password serta emailnya. Login terlebih dahulu di akun Facebook dan atau koordinasikan dengan keluarga maupun teman yang memiliki akun di Facebook juga. Search akun Facebook yang hendak dihapus, lalu pilih menu titik 3 pada profil. Pilih Laporkan dan pilih Pulihkan atau Tutup Akun Ini. Pilih pada Tutup Akun Ini. Permintaan akan terkirim ke Facebook dan diproses. Setelah proses selesai, akun selanjutnya akan dihapus permanen serta menghilang dengan sendirinya. Dihapusnya akun Facebook secara permanen bisa jadi menambah rasa tenang dalam hati, terutama apabila kita sudah bosan atau menganggapnya tidak berguna.